Islam di Bhutan

1 comment


Komunitas Muslim di Bhutan Terus Bertambah 



REPUBLIKA.CO.ID, Oleh; Afriza Hanifa
Raja Bhutan
Kaum Muslimin tak kesulitan menemukan makanan halal.
Sebanyak 62 persen populasi Muslim dunia atau lebih dari 972 juta jiwa, hidup di Asia Pasifik. Setengah dari jumlah tersebut hidup di Asia Selatan.   Populasi ini terus meningkat hingga sekitar 30 persen tiap sensus per dua dekade. Dari sekian ratus juta Muslimin di Asia Selatan tersebut, sebagian di antaranya tinggal di Buthan. 
Negara di ujung timur Pegunungan Himalaya ini menjadi rumah bagi sekitar 7.000 Muslimin. Sebagai minoritas, mereka masih mencari pengakuan di tengah mayoritas agama sekaligus paham resmi negara, Buddha. Secara perhitungan kasar persentase demografi, pemeluk agama di Bhutan mencapai 75 persen Buddha dan 25 persen Hindu. Islam, tak lebih dari satu persen. Tapi, jumlah mereka tidaklah terbilang sedikit. Angkanya pun terus meningkat.
Menurut PEW Research Forum, pada 1990 terdapat sekitar 6.000 Muslimin di Bhutan. Kemudian, pada 2010 meningkat menjadi 7.000 jiwa. Pada 2030, diprediksi akan meningkat menjadi 9.000 jiwa.
Sedangkan, menurut The Muslim Societies in Asia and the Pacific (MSAP), jumlah Muslimin Bhutan sekitar satu persen dari total populasi negara.  Adapun menurut CIA FactBook, jumlahnya tak mencapai satu persen dari populasi negara. Saat ini, total populasi negara seluas 47. 500 kilometer persegi tersebut sekitar dua juta jiwa. Jika berjalan-jalan ke Bhutan, selain pemandangan Himalaya yang indah, akan didapati kebudayaan masyarakat yang kental dengan ajaran Buddha. Kuil banyak berdiri di negara berlambang bendera naga tersebut. 
Tak sedikit merupakan kuil yang usianya sangat tua. Negara monarki tersebut menjadikan agama Buddha sebagai agama resmi. Tak heran jika kemudian anak-anak sekolah suatu hari mengenakan pakaian layaknya bhikkhu.  Bhutan memang tak lepas dari Buddha, baik sejarah maupun kebudayaan. Tapi, Islam datang di tengah-tengah mereka seiring perkembangan di Asia Selatan. Apalagi, posisi Bhutan yang yang diapit dua negara besar, Cina dan India, di mana jalur perdagangan banyak terjadi di kedua negara tersebut. 
Kesultanan Islam pun banyak berdiri di sana, salah satu yang terbesar, yakni Dinasti Mughal. Hanya saja, Buthan terluput dari wilayah emperium besar Islam pada abad ke- 16 tersebut.  Mughal di masa lalu hanya menduduki kawasan yang sekarang ini menjadi negara India, Afghanistan, Pakistan, Bangladesh, dan Nepal.  Alhasil, Bhutan bukanlah negara di mana dakwah Islam berkembang. Sehingga, populasi Muslim di sana tak sebanyak negara Asia Selatan lain.  Meski Islam telah lama dikenal masyarakat Asia Selatan, menurut US Library of Congress, komunitas Muslim Bhutan baru mulai terlihat eksis pada 1989. Angkanya sangat kecil dan tak banyak mendapatkan hak kebebasan beragama. 
Sebagai negara yang menjadikan Buddha sebagai agama resmi negara, Bhutan tak banyak menerapkan kebebasan beragama bagi rakyatnya, tapi semakin hari negara tersebut makin menerapkan asas demokrasi.   Kebebasan beagama mulai diterapkan pada pemeluk Hindu yang minoritas, tapi kemudian mendapatkan de facto kebebasan beragama. Adapun Muslimin, masih berjuang mendapatkan hak tersebut. Meski Islam tak diakui, bukan berarti Islam dilarang. Muslimin hidup sebagaimana rakyat Bhutan pada umumnya. Mereka memiliki hak sebagai warga negara serta memiliki hak untuk bekerja. 
Hanya satu hal yang tak diizinkan, yakni menyebarkan agama atau dakwah Islam. Oleh karenanya, jumlah Muslimin tak berkembang pesat di sana. Komunitas Muslim pun hanya hidup di kalangan mereka saja. Tapi, mereka dapat hidup nyaman di sana. Muslimin Bhutan hidup sebagai minoritas, tapi mereka dapat menjalankan ibadah dengan baik. Terdapat sebuah masjid yang menaungi mereka menjadi tempat ibadah dan sebagai sarana berkumpul.   Adapun fasilitas Muslim lain, seperti sekolah ataupun organisasi, tak jelas dikabarkan. Dalam hal pangan halal pun tak ada yang dapat mengonfirmasi kehalalannya. Badan sertifikasi halal pun tak jelas apakah dimiliki Muslimin setempat.   Tapi, hal tersebut bukanlah masalah. Mengingat sebagai negara yang mayoritas Buddha, Buthan memang memiliki lebih banyak ragam pangan vegetarian.
Kaum Muslimin tak kesulitan menemukan makanan halal. Muslimin pun tak kesulitan dalam menemukan pangan halal. Bahkan, menurut tour Muslim crescent rating, Bhutan memiliki banyak sekali ragam pangan vegetarian yang terkenal lezat.  Hingga kini, Muslimin Bhutan masih mencari hak kebebasan beragama. Kendati jumlah mereka sedikit, mereka ada dan beraktivitas seperti Muslimin lain yang hidup di negara minoritas Islam.   Keinginan mendapat hak kebebasan beragama pun makin menghasilkan titik terang dengan adanya komitmen kerajaan untuk menerapkan demokrasi. 

Tapi, media Barat yang mencitrakan Islam dengan buruk pun tak luput didengar masyarakat Bhutan. Akibatnya, masyarakat terbawa pemahaman Islam ala Barat yang melekatkan Muslimin dengan terorisme. Media banyak menghasut masyarakat dunia, termasuk Bhutan. Kendati demikian, masyarakat Bhutan tak pernah terlibat bentrok dengan Muslimin. Antarumat beragama, hidup harmonis menjalin kerukunan dan toleransi.   Untuk menampung ribuan Muslimin Bhutan terdapat sebuah masjid berdiri, guna memberikan layanan ibadah. Inilah satu-satunya masjid yang dimiliki Muslim Bhutan.   Masjid Jaigaon atau Joygaon, demikian namanya. Jaigaon merupakan nama sebuah kota kecil di Bengal Barat India. Lokasinya berada di perbatasan Bhutan. Di situlah gerbang Buthan berdiri yang membatasi negara tersebut dengan India.  Kendati nama masjid mengacu pada kota di India, Masjid Jaigaon berlokasi di Kota Phuentsholing, tetangga Kota Jaiagon. Kota di Bhutan Selatan tersebut merupakan salah satu pintu masuk Bhutan dari jalur India.  
Karena sebagai administrasi antarnegara, perekonomian di sana maju pesat. Bank Bhutan pun berada di kota tersebut. Karena, sebagai lalu lintas perdagangan dan kebudayaan.   Phuentsholing banyak menyerap kebudayaan dari India. Pun demikian dengan budaya Islam. Di kota tersebutlah satu-satunya masjid bagi Muslimin Bhutan berdiri.  Tak banyak kabar tentang masjid tersebut. Bagaimana bentuk dan gaya arsitekturnya pun tak pernah dipublikasikan. Adapun tahun pembangunan masjid tersebut diberitakan baru berdiri pada 2008. Dengan adanya masjid tersebut, Muslimin Bhutan pun mendapat ruang bebas untuk menjalankan ibadah mereka. 

Pembersihan etnis tersembunyi di balik wajah gembira Bhutan
Jul 1,2013 14:00 IST Dengan Apoorva Dutt 
 Setelah itu bernama negara paling bahagia di Asia, dan paling bahagia keenam di dunia dalam survei berdasarkan indeks Gross National Happiness pada tahun 2006, Bhutan telah melihat lonjakan merek dari dot diketahui antara Cina dan India untuk tujuan wisata yang menjanjikan kedamaian, cinta dan kebahagiaan - cita-cita yang sama India lakukan di tahun tujuh puluhan untuk hippies bingung.
Dari 300 pengunjung pada tahun 1974, pariwisata telah melonjak dan pada tahun 2011, 64.000 orang mengunjungi Bhutan. "Di sini di anak benua India, dibanjiri korupsi, perjuangan etnis, buta huruf, polusi, kemiskinan, dan benturan peradaban, Bhutan pasifisme, paternalisme, dan egalitarianisme berdiri terpisah," rave Orville Schell di artikelnya yang berjudul 'Gross National Happiness'.
Bhutan adalah yang paling sering dibandingkan dengan sepenuhnya fiksi Shangri La, sejauh bahwa situs pariwisata resmi negara disebut "Selamat Datang di Shangri La Bhutan". (Shangri La digambarkan dalam novel Inggris 1933 sebagai lembah misterius di Cina yang cepat diselesaikan dalam imajinasi populer sebagai surga di bumi.) Laporan wisata bercahaya telah mengabaikan isu-isu identitas nasional yang telah retak hak asasi manusia di negara itu selama 20 tahun terakhir.
Transisi Bhutan dari menjadi monarki absolut menjadi monarki konstitusional dengan pemilu pertama pada tahun 2007 dipertanyakan. Pemerintah berwenang pembentukan hanya dua partai politik, keduanya erat bersekutu dengan raja. Bahkan lebih dilematis, banyak dari Nepal etnis yang tersisa di negara itu, yang merupakan 40% dari populasi, tidak diberikan status warga negara dan karena itu tidak dapat memilih.
Untuk penduduk Nepal Bhutan, kerajaan adalah tempat dekat dengan surga di bumi. Sejak tahun 1990-an, mereka telah dianiaya dengan kejam dan penderitaan mereka hampir tidak dikenal. Pada tahun 1991 dan 1992, lebih dari 80.000 Nepal - bagian dari kelompok etnis Lhotshampa yang telah tinggal di Bhutan sejak 1800 - yang direbut dan pindah ke kamp-kamp pengungsi di Nepal. Mereka tidak diizinkan masuk ke Bhutan sejak itu. Bhutan menolak bertanggung jawab, bukannya memilih untuk fokus pada mempromosikan negara pada indeks Gross National Happiness nya.
Selama 15 tahun terakhir, Populasi pengungsi telah meningkat menjadi 100.000 dan UNHCR (badan pengungsi PBB) mengalihkan fokusnya dari pemulangan ke relokasi pengungsi ke negara ketiga seperti Amerika Serikat. USA sendiri telah menerima 60.000 pengungsi dan pada tahun 2007, kedutaan AS di Bhutan menyuarakan keprihatinannya bahwa Maois bisa mengatur kecewa etnis Nepal, khususnya di kamp-kamp pengungsi di negara tetangga Nepal.
Peristiwa ini adalah puncak dari dekade kerawanan atas apa yang dilihat sebagai invasi demografi oleh Lhotshampa pada Drukpa, orang-orang Bhutan utara. "Bhutan melihat keberadaannya sebagai bangsa terancam," tulis Kinley Dorji , editor dari Kuensel, surat kabar berbahasa Inggris Bhutan. Pihak berwenang Bhutan dihapus jaminan kewarganegaraan, dipaksa Buddhisme kode budaya dan agama di Hindu dan minoritas Kristen dan digunakan baik kekerasan fisik dan intimidasi untuk mengusir orang-orang milik kelompok etnis Nepal.
Vidyapati Mishra adalah redaktur pelaksana dari Bhutan News Service. Mishra adalah seorang jurnalis Bhutan yang tinggal di Nepal, menunggu pemukiman kembali. Dalam akun terbaru dari kekejaman terhadap Lhotshampa di awal tahun sembilan puluhan, Mishra telah menulis tentang dan pengusiran keluarganya dari Bhutan di New York Times . "Ayah saya ditahan selama 91 hari di sel dank kecil," ingat Mishra. "Mereka menekan dia dengan log berat, ditusuk jari-jarinya dengan jarum, melayaninya urin bukan air ... mereka dibakar cabai kering dalam sel untuk membuat bernapas tak tertahankan. Dia setuju akhirnya menandatangani apa yang disebut bentuk migrasi sukarela dan diberi seminggu untuk meninggalkan negara keluarga kami telah dihuni selama empat generasi. "
Laporan serupa dengan Mishra, kekerasan, pelecehan dan migrasi paksa dapat ditemukan di sini,di sini dan di sini . Mereka telah dicatat baik oleh pengungsi Lhotshampa serta Amnesty International. Pemerintah Bhutan hari ini tidak menyangkal Eksodus, tetapi menegaskan itu "sukarela", benar-benar menyangkal beberapa account pelanggaran hak asasi manusia yang telah ditempatkan pada catatan.
Bhutan memiliki banyak terjadi untuk itu sebagai negara yang sebagian besar damai dan bersih, tapi mengangkat negara ke tingkat mitologi jelas memiliki efek berbahaya sekarang karena itu menghapus kebutuhan untuk akuntabilitas. "Besarnya eksodus ini, salah satu yang terbesar di dunia dengan proporsi, mengingat populasi kecil negara, telah diabaikan oleh komunitas internasional yang baik acuh tak acuh atau terpedaya oleh gambar yang disponsori pemerintah Bhutan sebagai tenang Buddha Shangri-La, "menunjukkan Mishra dalam editorialnya. Jika kita berpikir lebih dalam tentang kesetaraan dan hak asasi manusia di Bhutan, Shangri La akan melakukan apa yang dimaksudkan sebagai mitos.
Pertama Published On: Jul 1, 2013 14:00 IST/ Firstpost.blogspot.com
Sekilas tentang Islam di Tanah Naga Petir
Rep: ani nursalikah/ Red: Damanhuri Zuhri
Puncak Pegunungan Himalaya
REPUBLIKA.CO.ID, Tersembunyi jauh di Pegunungan Himalaya, Bhutan merupakan kerajaan kecil yang diapit negara besar Cina dan India.
Di utara, wilayahnya berbatasan dengan Cina. Sedangkan, di selatan, timur, dan barat, berbatasan dengan India.

Bhutan, dalam bahasa Bhutan, Druk Yul, artinya Tanah Sang Naga Petir. Naga berwarna putih mewujud jelas dalam bendera Bhutan. Kerajaan ini mulai membuka diri kepada dunia luar pada 1970-an. Karena luasnya yang tidak besar, populasi Muslim di Bhutan sangat sedikit. Negara ini hanya mempunyai luas wilayah sekitar 38 ribu kilometer persegi. Menurut CIA Factbook, Muslim hanya satu persen dari populasi di Bhutan. Pada 2009, Pusat Riset Pew memperkirakan jumlah yang sama, yakni 7.000 Muslim dengan populasi sekitar 1,8 juta jiwa.
Bhutan adalah satu-satunya negara di dunia yang mengakui Buddha Mahayana sebagai agama resmi. Pemerintah tidak memiliki data resmi jumlah Muslim karena agama lain selain Buddha dan Hindu dilarang. Pemberitaan media barat yang gencar mengenai Muslim yang terlibat terorisme mau tak mau memengaruhi persepsi warga Bhutan mengenai Islam.  Dalam pemberitaan itu, pelakunya kerap diberi label Islamist rebel atau Islamist bad guy. Akibatnya, warga Bhutan cenderung memandang negatif Islam dan pemeluknya.  Asal muasal rakyat Bhutan berasal dari Nepal, Burma Utara, timur laut India, dan Tibet. Mayoritas penduduknya memeluk agama Buddha. Agama yang tergolong minoritas adalah Islam, Hindu, dan Kristen.
 Pada 2008, komunitas Ahmadiyah di Bhutan mendirikan Masjid. Inilah masjid satu-satunya yang dimiliki Muslim Bhutan. Sesuai namanya, Masjid Jaigaon atau Joygaon terletak di sebuah kota kecil di Bengal, Barat India. Lokasinya berada di perbatasan Bhutan dengan India. Tidak banyak informasi tersedia mengenai masjid ini. Bagaimana bentuk dan arsitekturnya pun tidak pernah dipublikasikan. Sebagai negara yang berada di wilayah pegunungan, Bhutan mempunyai pemandangan gunung, bukit, dan lembah yang menakjubkan. Ekologi dan hewan-hewan liar masih terjaga dengan baik. Sayangnya, pemerintah membatasi kunjungan wisata. Para wisatawan yang ingin berkunjung harus ikut paket wisata. Disarankan tidak mengunjungi Bhutan sebagai backpacker atau wisatawan perorangan. Ketersediaan makanan halal sangat jarang. Agar aman, seorang Muslim yang akan berkunjung ke Bhutan sebaiknya menghindari mengonsumsi daging. Bisa juga bertanya pada masyarakat lokal mengenai tempat menemukan makanan halal. Tapi, Bhutan memiliki banyak jenis masakan vegetarian yang terkenal kelezatannya. 
12 Fakta Menarik Bhutan
Fakta menarik Bhutan - Bhutan adalah sebuah negara kecil di Asia Selatan yang berbentuk Kerajaan dan dikenal dengan Negeri Naga Guntur. Wilayahnya terhimpit antara India dan Republik Rakyat Tiongkok. Nama lokal negara ini adalah Druk Yul, artinya "Negara Naga". Gambar nagapun didapati di benderanya. Karena keindahannya, egara ini dijuluki Shangri-La terkhir. Berikut ini adalah fakta unik dan menarik tentang Bhutan dan fotonya.

1.Nama aslinya Druk Yul
Nama lokal negara ini adalah Druk Yul, artinya "Negara Naga". Gambar nagapun didapati di benderanya.

2.Nama Bhutan berasal dari Bahasa Sanskerta
'Bhutan' mungkin diturunkan dari kata Sanskerta 'Bhu-Uttan ?’ yang berarti 'Tanah Tinggi'. Dalam teori lain Sanskertanisasi, 'Bhots-ant ???-????' berarti 'ujung Tibet' atau 'selatan Tibet'. Namun beberapa orang Bhutan menyebut negeri mereka 'Druk Yul' dan penduduknya 'Drukpa'. Nama Dzongkha (dan Tibet) untuk negeri ini ialah 'Druk Yul' (Tanah Naga Guntur).

3.Bahasanya merupakan rumpun Bahasa Tibet
Bahasa nasional adalah Dzongkha, salah satu dari 53 bahasa dalam keluarga bahasa Tibet. Tulisannya, disebut Chhokey ("Bahasa Dharma"), identik dengan tulisan Tibet. Pemerintah mengelompokkan 19 bahasa-bahasa terkait di sana sebagai dialek bahasa Dzongkha. Lepcha diucapkan di barat Bhutan; Tshangla, kerabat dekat Dzongkha, diucapkan meluas di bagian timur. Khengkha diucapkan di tengah Bhutan. bahasa Nepal diucapkan meluas di selatan. Di sekolah bahasa Inggris ialah media instruksi dan Dzongkha diajarkan sebagai bahasa resmi. Ethnologue mendaftarkan 24 bahasa yang kini diucapkan di Bhutan, semuanya dari keluarga Tibet-Burma, kecuali Nepal, sebuah bahasa Indo-Arya. Bahasa-bahasa di Bhutan tetap tak terciri dengan baik, dan beberapa buah belum tercatat dalam tatabahasa akademis. Bahasa Inggris juga punya kedudukan resmi kini.

4.Mempunyai mata uang yang namanya cukup aneh
Ngultrum adalah mata uang Bhutan. Ngltrum telah menjadi mata uang dari Bhutan sejak tahun 1974. Ngultrum dibagi menjadi 100 chhertum. Nilainya disetarakan dengan Rupee India.

5.Mayoritas agamanya adalah Buddha
Walaupun Bhutan adalah salah satu negara Asia Selatan, agama mayoritasnya bukanlah Hindu, melainkan Buddha Tibet.

6.Negara Paling Bahagia di Dunia meskipun sangat miskin
Bhutan disebut sebagai Shangrilla di kaki gunung Himalaya yang 97% rakyatnya menganggap diri mereka sangat berbahagia.Bukannya kebahagiaan yang berasal dari pemuasan nafsu dunia fana, melainkan berasal dari iman dan konsep tahu-cukup.Orang Bhutan beranggapan kemiskinan yang sesungguhnya adalah apabila tak mampu beramal kepada orang lain, mereka sudah sangat puas asalkan memiliki sawah dan rumah.

Dikarenakan mereka adalah umat Budha, maka mereka tidak membunuh makhluk berjiwa, itulah sebabnya mereka mengimpor daging dari India. Namun demikian di atas meja makan jarang terlihat makanan jenis daging, melainkan makan sayur-sayuran atau produk dari susu sudah membuat mereka puas.

Pengalaman kebahagiaan Bhutan berasal dari Jigme Singye Wangchuck IV, sang mantan raja yang tidak mendahulukan perkembangan ekonomi melainkan mendirikan sebuah negara yang berbahagia sebagai amanah jabatannya, dengan kesetaraan, kepedulian dan konsep ekologi menyulap Bhutan menjadi negara besar dalam hal kebahagiaan.

Pada 2005, Bhutan menjadi fokus berbagai media besar seantero dunia, Model Bhutan ciptaannya, teori Gross National Happiness (GNH) yang ia usulkan memperoleh perhatian seksama masyarakat internasional dan menjadi tema pelajaran ilmu ekonomi yang digandrungi para pakar dan institut penelitian sebagian negara seperti AS, Jepang dan lain-lain. Konsep baru dalam pandangan negara maju pada abad-21 ini, di Bhutan diam-diam telah dijalankan selama hampir 30 tahun lamanya.
Yang disebut Model Bhutan ialah mementingkan perkembangan yang seimbang antara materi dan spiritual, perlindungan terhadap lingkungan hidup dan proteksi terhadap kebudayaan tradisional diletakkan di atas perkembangan ekonomi, standar untuk pengukuran perkembangan ialah Gross National Happiness (GNH).

7.Negaranya diatas Pegunungan Himalaya
Jika kita melihat Bhutan di peta, maka akan terlihat kalau seluruh Bhutan berada di dataran yang cukup tinggi.

8.Hanya 8 pilot yang menguasai Bandar Udaranya
Seperti dikutip VIVAnews.com dari laman dailymail.co.uk, karena proses pendaratan yang berbahaya di bandara ini, hanya 8 pilot di dunia yang lolos kualifikasi. Hingga Juli 2011, tercatat hanya ada satu maskapai penerbangan yang diperkenankan menggunakan fasilitas ini yaitu Druk Air. Panjang lintasan bandara ini diketahui hanya 6.500 kaki. Hal ini membuat Bandara Paro merupakan salah salah bandara terpendek di atas laut. Pesawat yang akan mendarat di wilayah ini harus berupaya sekuat tenaga melewati puluhan rumah yang tersebar di sisi gunung dengan ketinggian atap cukup menjulang.Hembusan angin yang kencang sepanjang bukit, seringkali menyebabkan turbulensi pada badan pesawat. Para penumpang yang pernah memiliki pengalaman melintasi bandara ini menjulukinya sebagai pendaratan paling mengerikan.

9.Banyak benteng dan kuil yang masih terjaga arsitekturnya
Banyak sekali benteng-benteng arsitekturnya sangat indah yang masih berdiri. Benteng-benteng ini disebut Dzong dalam bahasa setempat. Foto-foto dari banyak Dzong ini ada dibawah.

10.Pemimpin yang sangat sadar dan rendah diri
Pemerintahan yang dijalankan dengan kekuasaan monarki absolut berakhir ketika konstitusi baru dan pemilihan perdana menteri dilaksanakan. Raja Jigme Singye Wangchuck yang memimpin sejak tahun 1972 mengumumkan menggelar pemilu tahun 2008, sekaligus turun tahta. Pengumuman disampaikan dihadapan 8.000 penggembala hewan yak, biksu, petani, dan siswa pedesaan pada 18 Desember 2005. Pengumuman disebarkan melalui harian Kuensel. Sebelumnya, raja memperkenalkan rancangan konstitusi dan menyatakan pensiun pada usia 65 tahun. Atas ide ini, sebagian rakyat tidak sependapat karena kuatir terjadinya praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), namun pada tahun 2006 sang raja mengundurkan diri dan digantikan oleh puterandanya.

11.Sejarah Bhutan yang hilang
Sejarah awal Bhutan tidak jelas, karena sebagian besar catatan telah musnah setelah kebakaran di Punakha, ibukota kuno pada 1827. Dari abad ke-10, perkembangan politik Bhutan amat dipengaruhi oleh sejarah religiusnya. Berbagai anak sekte Buddha muncul yang dilindungi oleh berbagai maharaja Mongol dan Tibet. Setelah runtuhnya bangsa Mongol pada abad ke-14, anak-anak sekte itu bersaing satu sama lain demi supremasi dalam bentang politik dan agama, akhirnya menimbulkan naiknya anak sekte Drukpa di akhir abad ke-16.

Hingga abad ke-17, Bhutan ada sebagai fiefdom yang saling berperang hingga dipersatukan oleh lama Tibet dan pemimpin militer Shabdrung Ngawang Namgyal. Untuk mempertahankan negerinya dari penggarongan yang sebentar-sebentar dilakukan bangsa Tibet, Namgyal membangun sebuah jaringan dzong (benteng) tak terkalahkan, dan mengumumkan kode hukum yang membantu membawa raja-raja setempat di bawah kendali terpusat. Banyak dari dzong itu yang masih ada. Setelah kematian Namgyal pada 1651, Bhutan jatuh dalam suasana anarkis. Mengambil keuntungan dari kekacauan itu, orang Tibet menyerang Bhutan pada 1710, dan kembali pada 1730 dengan bantuan orang Mongol. Kedua serang itu berhasil digagalkan, dan gencatan senjata ditandatangani pada 1759.

12.Ekonomi Bhutan
Meski menjadi salah satu yang terkecil di dunia, ekonomi Bhutan telah berkembang pesat sekitar 8% pada 2005 dan 14% pada 2006. Per Maret 2006, pendapatan per kapita Bhutan adalah US$1.321 yang membuatnya tertinggi di Asia Selatan. Standar hidup Bhutan berkembang dan merupakan salah satu yang terbaik di Asia Selatan.

Ekonomi Bhutan adalah salah satu yang terkecil dan kurang berkembang di dunia, yang berbasis pertanian, kehutanan, dan penjualan PLTA ke India. Pertanian menyediakan mata pencaharian buat lebih dari 80% penduduk. Praktek agraria sebagian besar terdiri atas pertanian subsisten dan peternakan hewan. Kerajinan tangan, khususnya menjahit dan produksi seni keagamaan untuk altar rumah merupakan industri kecil milik rakyat dan sumber sekian pendapatan. Pemandangan yang berbeda dari pegunungan berbukit yang kasar membuat pembangunan jalan dan infrastruktur lainnya sulit dan mahal. Ini, dan tiadanya akses ke laut, menyebabkan Bhutan tidak pernah bisa dapat untung dari perdagangan yang signifikan dari produknya. Kini Bhutan currently tak memiliki jalur kereta api, meski Indian Railways merencanakan menghubungan Bhutan selatan dengan jaringannya yang luas di bawah persetujuan yang ditandatangani pada Januari 2005.[2] Jalur perdagangan masa lalu antara peguunungan Himalaya, yang menghubungkan India ke Tibet, telah ditutup sejak pengambilalihan militer atas Tibet pada 1959 (meski kegiatan penyelundupan tetap membawa barang-barang RRT ke Bhutan).

Sumber: Yerindo.blogspot.com

1 comment :